Sejarah Awal RPW

KPOP RPW. Atau KPOP Roleplay World. Sekarang udah bertebaran dimana-mana, terutama rp yang bernaung di twitter. Apakah kalian tau sejarah awal rpw dimulai oleh apa dan siapa? Mungkin diantara kalian banyak yang belum tau kalo rp dilatarbelakangi oleh adanya akun parodi.

Sebelum ada roleplayer, twitter udah dirajai sama akun parodi. Dulu, parodi itu menuntut keterbatasan dalam menerima anggota. Belum ada tuh istilah twin. Parodi cuma ngebolehin satu akun buat satu artis buat diparodiin di satu negara. Salah satu management parodi yang gue kenal namanya Koreak Entertainment. Nah, karena parodi yang ga ngebolehin ada twin walaupun dari agensi lain makanya orang-orang yang pengen ngeparodi coba buat dunia(?) baru. Dan terciptalah rpw yang kita kenal sekarang ini.

Awal berdirinya rpw itu masa-masa yang sulit. Akun-akun rp yang dulu banyak kena bashing oleh member parodi. Roleplay base pertama itu Freelance Family, yang berdiri tahun 2011. Freelance itu bukan agensi tapi lebih kayak fams atau base dari roleplay-roleplay anggotanya. Perlahan, freelance mulai bisa diterima keberadaannya dan yang tadinya ikut ngebash rp, malah ikutan ngerp walaupun cuma sedikit sih. Setelah Freelance udah lumayan rame, mulailah bermunculan agensi-agensi rp. Contohnya kayak SMSG dan abc roleplayer.

RPW yang semakin banyak penghuni mulai buat base account lain, semacam fanbase buat rp lah. Contohnya kayak RPsF. Gue inget banget RPsF itu fanbase pertama yang gue follow sejak hari hari awalnya terbentuk. Dulu, gue seneng banget ngikutin tweet ownernya yang dikenal dengan nama Nathan. sampe gue jadi fans dia(oke ini berlebihan). Gue juga inget soal keganjilan yang ada sama Nathan dan fakenya dia(walaupun bagi gue itu bukan masalah :c) sampe dia out dari RPsF yang dia diriin.

Yang ada dalem ingetan gue, timeline rp yang dulu isinya dipenuhin oleh ocehan, curhatan, galauan couple, sampe info limit. Agensi-agensi dulu kebanyakan membernya rame dan kekeluargaannya kerasa banget. Owner agensi(biasanya gue panggil mommy, tergantung dari agensinya sih :}) gue dulu rame, berisik, absurd, dan perhatian sama membenya. Gue jadi berasa punya mama disana :”) Agensi-agensi saat itu punya rules ketat yang harus dipatuhi oleh membernya, biasanya ga boleh punya double account, username ditentuin, kadang ada agensi yang ngelarang keras yang namanya transgender. Absurd disini bukan berarti full ooc loh. Malah dulu semua rp saling panggil eonni, oppa, ahjumma, ahjussi, eomma, appa(?) dan saling menghormati sama rp yang linesnya lebih tua.

Kalo sekarang rp sekarang banyak yang berubah itu emang bener. Perubahan rpw emang drastis, gue juga ga tau kapan mulainya. Sedih sih, tapi perubahan itu sesuatu yang wajar kan. Walaupun kalian rp yang udah lama, tapi jangan terlalu sering bilang “gue kangen rpw yang dulu”. Gara-gara kalimat itu, rp newbie banyak yang ngerasa dibedain. Mungkin itu salah satu penyebab renggangnya kekeluargaan rp sekarang.

KACANG. Sering banget yang ngetwit begitu, kan kacangnya tinggal dimakan aja. Kalo kalian ga mau dikacangin ya jangan ngacangin, dan ga usah malu buat ngejbjb. Kalo kita ramah kan orang banyak yang seneng. Terus “rp famous”. Dalam rpw itu ga ada yang namanya rp famous beb, semua rp itu sama. Artisnya yang famous bukan rl kita. Kalo kalian mau famous, kenapa ga ngerp diri sendiri aja J

Timeline sekarang juga agak random. Ada yang curhat apalah, dikacanginlah, pacaranlah, openfollowlah. Dan yang buat gue rada males buka tl itu karena banyak yang ngerp yadong hardcore. Gue sendiri agak merinding liatnya walaupun umur gue udah cukup(?). Bukan gue ngebash rp yadong, tapi menurut gue rada ga enak gitu kita pake nama bias buat dijadiin akun pengumbar sex. Ga enak loh kalo real idolnya tau. Dia pasti sedih, heung.

Udah tau kan sekarang gimana perasaan gue *loh. Selebihnya, kalian udah tau kan. Jadi sejarah rpw selanjutnya tinggal kita terusin seiring berjalannya waktu c:

 

note: ini terdedikasi buat mainvocalist freelance 😀 dan kalian… (yang bisa ngerti post ini cuma rp) XD

Advertisements

16 thoughts on “Sejarah Awal RPW

  1. Setuju banget. Aku itu termasuk roleplayer di ujung jaman bahagia (?), aku main rp November 2012. Pertengahan 2013 keatas kacau ><

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s